Tips Menjaga Kebersihan Rumah dari Virus dan Bakteri

Tips menjaga kebersihan rumah dari visrus dan bakteri

Menyapu dan mengepel lantai untuk menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu kegiatan rutin sehari – hari yang dilakukan banyak orang. Dari kegiatan tersebut, selain dapat membuat terlihat rapi dan bersih, juga dapat dijadikan sarana refreshing, terutama bagi Anda yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Banyak orang yang suka dengan lingkungan rumah yang bersih, sehingga melakukan bersih – bersih rumahnya secara rutin. Namun membersihkan rumah dari sampah maupun debu belumlah tentu dapat membuat rumah Anda bersih dari virus maupun bakteri patogen, terutama di saat – saat masa pandemi saat ini.

Untuk mengetahui cara yang efektif dalam menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, di bawah ini.

1. Memastikan Cahaya Matahari Masuk

Banyak jenis virus maupun bakteri yang mati pada saat terkena cahaya matahari, pada umumnya mereka tidak kuat jika terkena sinar ultra violet berintensitas tinggi, yang banyak terdapat pada cahaya matahari di pagi hari.

Untuk menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, selain membersihkan bagian rumah dan perabotan di dalam rumah Anda, menjaga agar ruangan dalam rumah mendapatkan cahaya matahari pagi merupakan langkah efektif untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri yang merugikan.

Selain membuat cahaya matahari pagi menyinari ruangan rumah Anda, menjemur perabotan maupun perlengkapan yang sering bersentuhan dengan tubuh saat dipakai juga dapat membantu membunuh mikro organisme yang menempel di situ. Misalnya menjemur bantalan kursi, karpet duduk, dan lain – lain.

2. Memastikan Sirkulasi Udara yang Cukup

Banyak bakteri maupun virus yang dapat berpindah melalui udara, misalnya virus flu dan bakteri penyebab TBC. Hal tersebut membuat rumah dengan sirkulasi udara yang buruk dapat menjadi ajang penularan berbagai penyakit. Selain itu sirkulasi udara yang buruk maupun kurangnya cahaya matahari pada ruangan dalam rumah, dapat membuat rumah Anda menjadi lembab dan rawan terhadap berbagai macam jamur.

Dengan demikian selain membersihkan bagian maupun perabotan rumah, untuk menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, Anda juga perlu memperhatikan sirkulasi udara maupun cahaya matahari pada rumah Anda.

3. Perhatikan Kebersihan Pendingin Ruangan

Banyak rumah yang saat ini dilengkapi dengan pendingin ruangan atau biasa disebut AC (Air Conditioning). Untuk menjaga agar AC pada rumah Anda tidak menjadi sarana penyebaran bakteri, virus maupun jamur, secara berkala Anda perlu merawatnya dengan membersihkan baik out door unit maupun indoor unit.

Apabila Anda kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa profesional yang dapat Anda hubungi sewaktu – waktu. Dengan demikian rumah Anda selalu terjaga kebersihannya dari bakteri maupun virus.

4. Menggunakan Bahan yang Tepat

Membersihkan rumah dari virus dan bakteri, selain menggunakan alat – alat kebersihan, tentunya juga perlu menggunakan bahan yang tepat. Kebanyakan disinfektan yang di jual di pasaran, belum tentu mengandung bahan kimia yang dapat membunuh virus.

jasa penyemprotan disinfektan bali

Untuk itu perhatikan kandungan bahan kimia dalam disinfektan yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah Anda. Menurut WHO, disinfektan yang efektif untuk membunuh virus setidaknya mengandung 0.05% sodium hypochlorite (NaClO) atau berbahan alkohol dengan kadar minimal 70%.

Penutup

Menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan, terutama di saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Karena Anda dan anggota keluarga banyak menghabiskan waktu di rumah, menjaganya menjadi tempat yang sehat dapat meningkatkan peluang Anda beserta keluarga untuk hidup sehat. Untuk itu apabila Anda ragu akan kondisi rumah Anda, jangan segan memanggil jasa profesional yang sudah terlatih untuk mengatasi kondisi yang menjadi masalah pada rumah Anda.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *