Mengenal Peralatan Cleaning Services

Mengenal Peralatan Cleaning Services

Sekalipun pekerjaan membersihkan rumah atau kantor bukanlah pekerjaan Anda, mengenal peralatan cleaning service akan memberikan manfaat tersendiri bagi Anda. Misalnya dengan mengenali peralatan yang digunakan, Anda dapat melihat kelengkapan maupun kualitas layanan yang diberikan oleh jasa cleaning service yang Anda gunakan.

Membersihkan rumah merupakan salah satu kegiatan rutin yang umum dilakukan banyak orang. Pada umumnya orang menganggap kegiatan ini dapat dilakukan siapa saja, dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti sapu, alat pel atau penyedot debu. Namun di kalangan profesional, kegiatan membersihkan rumah ataupun kantor memiliki standar tersendiri, yang perlu dilakukan dengan peralatan yang memadai. Berikut ini perlengkapan standar yang perlu dibawa oleh petugas cleaning service, beserta fungsinya masing – masing.

1. Kotak Perlengkapan

Kotak perlengkapan atau yang disebut juga Caddy Cary merupakan kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan yang berukuran kecil maupun bahan pembersih. Fungsi kotak ini serupa dengan tool box yang digunakan oleh montir atau tukang.

2. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau yang sering dikenal sebagai alat penyedot debu, digunakan untuk membersihkan karpet, maupun ceceran air pada lantai. Biasanya alat yang dibawa merupakan alat yang memiliki fungsi ganda, yaitu Vacum Cleaner Basah maupun kering.

3. Alat Pel (Mop) dan Ember Kecil

Mop atau yang biasa disebut alat pel seperti yang digunakan pada rumah tangga pada umumnya, hanya saja kain yang berada pada bagian ujung alat ini merupakan kain khusus mop, terbuat dari semacam serat flanel, yang dapat menyerap air dan kotoran lebih baik.

4. Mesin Gosok Lantai

Peralatan cleaning service berukuran besar yang selalu dibawa oleh petugas cleaning service selain vacuum cleaner adalah mesin gosok lantai atau Floor Machine. Biasanya alat ini digunakan untuk menggosok lantai maupun karpet. Selain digunakan untuk membuat lantai Anda menjadi mengkilap, peralatan ini juga digunakan untuk mencuci karpet lantai, dengan bantuan vacuum cleaner.

5. Sikat, Sapu dan Pengki

Kalau Anda sering melakukan kegiatan bersih – bersih di rumah, tentunya Anda dapat dengan mudah mengenali peralatan cleaning service ini, yang sudah sering Anda gunakan saat melakukan kegiatan tersebut.

Seperti perlengkapan kebersihan pada rumah tangga pada umumnya, sikat, sapu dan pengki (dustpan) merupakan salah satu peralatan yang selalu ada dalam kelengkapan alat cleaning service. Hanya saja perlengkapan tersebut, yang dibawa oleh petugas cleaning service profesional, tentunya lebih beragam ukuran maupun jenisnya. Misalnya, seperti sikat, terdiri dari sikat lantai, sikat untuk perabotan maupun sikat kecil

6. Kain Lap

Berbagai jenis kain lap, juga merupakan peralatan cleaning service yang wajib dibawa, diantaranya :

  • Kain micro fiber atau yang sering disebut “kanebo”, biasanya digunakan untuk mengelap kaca atau barang – barang porselen.
  • Kain lap biasa.
  • Lap flanel.
  • Handuk kecil.
  • Busa pembersih, digunakan untuk menggosok perabotan yang mudah tergores, seperti kaca maupun porselen.

7. Squeegee

Squeegee atau wiper kecil, digunakan untuk menyeka air dari permukaan kaca, misalnya seperti pada saat membersihkan kaca jendela.

8. Botol Sprayer dan Bahan Pembersih

Selain membawa peralatan untuk membersihkan ruangan maupun perabotan, bahan atau cairan pembersih merupakan salah satu kelengkapan yang harus ada dalam peralatan cleaning service, diantaranya : semir furnitur, cairan pembersih kaca, disinfektan, pembersih jamur, pembersih kerak, cairan pembersih lantai, pemutih (bleacher), sanitiser, pembersih alat masak, detergen dan pengharum ruangan.

9. Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri (APD), merupakan perlengkapan wajib yang harus selalu dibawa oleh petugas cleaning service pada saat akan melaksanakan perkerjaannya. Walaupun bukan di masa terjadinya wabah, misalnya seperti saat ini wabah Covid-19, jasa cleaning service yang profesional akan selalu memperhatikan keamanan petugasnya dengan membekalinya dengan APD. Hal ini disebabkan karena banyak bahan – bahan kimia pembersih yang digunakan, dapat mengeluarkan uap yang berbahaya, serta ada juga yang bersifat korosif, sehingga dapat menimbulkan iritasi jika terkena kulit.

APD yang umum digunakan oleh petugas cleaning service adalah : penutup kepala, masker, kaca mata bening, sarung tangan karet dan celemek.

Penutup

Dengan mengenal peralatan cleaning service, selain dapat memudahkan Anda saat akan melakukan kegiatan ini sendiri, Anda juga dapat mengetahui sarana penunjang apa saja yang akan diperlukan pada saat Anda memutuskan menggunakan jasa cleaning service profesional.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *