Cara Merawat Tanaman Hias

cara merawat tanaman hias

Apabila Anda suka memelihara tanaman hias, maka setidaknya Anda perlu mengetahui cara merawat tanaman hias dengan baik, agar tanaman hias peliharaan Anda dapat tetap tampil indah dan segar.

Banyak orang menyukai tanaman hias, karena selain dapat memperindah rumah, merawat tanaman hias juga merupakan salah satu kegiatan positif untuk mengisi waktu luang yang dapat mendatangkan peluang penghasilan tambahan. Agar tanaman hias milik Anda dapat tumbuh subur dengan baik, tentunya memerlukan perawatan dengan cara yang tepat.

Cara merawat tanaman hias yang baik pada dasarnya adalah mengkondisikan lingkungannya agar sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, Anda perlu mempelajari habitat asli tanaman hias milik Anda, dengan demikian Anda lebih mudah untuk mengetahui kondisi lingkungan yang dibutuhkannya.

Banyak jenis tanaman hias yang berasal dari berbagai jenis tanaman yang berbeda, juga memiliki karakter dan habitat yang berbeda. Sehingga tanaman – tanaman tersebut juga memiliki cara penanganan yang berbeda – beda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara merawat tanaman hias milik Anda.

Media Tanam

Setiap jenis tanaman hias memerlukan media tanam yang cocok untuk dapat tumbuh dengan subur. Sehingga sebelum menempatkan salah satu tanaman hias pada pot, Anda perlu mengetahui jenisnya untuk dapat memilih media tanam yang tepat.

Pada umumnya kebanyakan tanaman dapat tumbuh dengan subur pada tanah yang kaya akan kandungan nutrisi organik, yang dibutuhkan oleh tanaman. Namun jenis tanaman tertentu memerlukan media tanam yang berbeda. Misalnya tanaman dari jenis kaktus, mereka memerlukan media tanam yang porus dan kering, menanam mereka pada tanah humus, justru membuat akar dan batang mereka rawan terserang penyakit.

Pengairan

Selain menanam tanaman pada media tanam yang tepat, cara merawat tanaman hias yang lain adalah memberikannya air sesuai kebutuhannya. Setiap tanaman hias membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Setiap jenis tanaman juga memiliki kebutuhan air yang berbeda, memberikannya terlalu banyak air atau terlalu sedikit air, tanpa memperhatikan jenis tanaman, dapat membawa efek yang kurang baik bagi tanaman hias milik Anda. Misalnya jenis tanaman air, agar dapat tumbuh dengan baik, mereka perlu ditanam pada media tanam dengan genangan air.

menyiram tanaman, cara merawat tanaman

Cahaya Matahari

Semua tanaman memerlukan cahaya matahari serta nutrisi untuk mengolah makanannya dan bertahan hidup. Hanya saja, setiap jenis tanaman memiliki daya tahan terhadap sinar matahari yang berbeda – beda. Dengan demikian, Anda perlu menempatkannya pada tempat dengan sinar matahari sesuai kebutuhannya. Misalnya : banyak jenis tanaman keladi yang tidak kuat terkena terik sinar matahari, untuk itu, cara merawat tanaman hias dari jenis ini adalah dengan menempatkannya di tempat yang cukup teduh, seperti di teras rumah atau di bawah pohon besar.

Pemberian Pupuk

Selain mengandalkan nutrisi yang terdapat pada media tanam, secara berkala tanaman hias juga memerlukan nutrisi tambahan yang bisa diperoleh dari pupuk.

Pada umumnya kebanyakan tanaman hias dapat tercukupi kebutuhan pupuknya dengan memberikannya pupuk yang mengandung nitrogen, fosfat dan kalium (NPK) atau urea. Sebelum memberikannya kepada tanaman Anda, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara penggunaannya dan menyesuaikannya dengan jenis tanaman hias milik Anda.

Penutup

Tanaman hias juga merupakan makhluk hidup yang dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Walaupun mereka tidak dapat berbicara, namun tanaman hias milik Anda dapat merespon perhatian yang diberikan kepada mereka. Misalnya tanaman yang dirawat dengan penuh perhatian akan tumbuh subur dan berbunga.

Tanaman yang dirawat dengan kasih sayang oleh pemiliknya akan terlihat lebih indah dari yang dirawat dengan kasar atau dirawat dengan asal – asalan. Untuk itu, jika Anda terlalu sibuk untuk dapat memberikan perhatian kepada tanaman hias milik Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan layanan profesional.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *