5 Cara Merawat Kolam Renang Agar Tetap Jernih dan Bersih

5 Cara Merawat Kolam Renang Agar Tetap Jernih dan Bersih

Memiliki kolam renang pribadi yang selalu bagus merupakan idaman, sehingga perlu diperhatikan tentang cara merawat kolam renang agar tetap jernih dan bersih. Tak hanya sebagai tambahan, kolam renang sudah dianggap sebagai properti wajib bagi rumah di zaman modern ini.

Kolam renang juga memiliki beberapa fungsi bagi sebuah rumah. Sesuai namanya, kolam renang memiliki fungsi utama sebagai sarana olah raga renang. Selain itu, kolam renang bisa menjadi objek estetis yang enak dipandang atau menyegarkan mata, terlebih jika rumah berada di tengah perkotaan yang ramai dan padat penduduk.

Cara Merawat Kolam Renang

Agar keindahan dan kebersihan kolam renang tetap terjaga, perlu dilakukan perawatan yang rutin. Pastinya kolam renang yang bersih dan jernih membuat pengguna atau pemiliknya akan nyaman ketika berenang di dalamnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara untuk merawat suatu kolam renang.

  1. Menguras Air Secara Berkala

Agar kebersihan air dalam kolam selalu terjaga, air harus diganti secara rutin. Pada kolam renang modern sudah terdapat sirkulasi air yang akan menyaring kotoran dan membuat air kembali bersih. Sistemnya cukup sederhana, mesin pompa akan menghisap air, kemudian menuju tangki penyaringan, dan dikembalikan lagi ke kolam.

Meski telah menggunakan sirkulasi, menguras kolam tetap perlu dilakukan agar bisa membersihkan dinding dan dasar kolam. Karena bisa saja terdapat kerak atau lumut yang membuat kolam jadi licin. Apalagi untuk kolam yang belum memiliki sirkulasi air, harus rutin dikuras minimal seminggu sekali.

  1. Membersihkan Sand Filter Air Secara Rutin

Sund filter ini terdapat pada kolam renang yang memiliki sirkulasi. Sebagai alat penyaring, sudah pasti pada bagian ini terkumpul kotoran dari air yang disaring setiap harinya. Sehingga tak hanya air kolam yang perlu dikuras, namun sand filter juga perlu dibersihkan minimal sebulan sekali.

  1. Menjaga Cl dan PH Air tetap Ideal

Cara merawat agar kolam renang bersih dan tidak berlumut yaitu dengan menjaga kestabilan kadar klorin dan pH. Kadar klorin yang dianjurkan untuk kolam renang yaitu 1 sampai 1,5 ppm. Sedangkan untuk kadar pH pada kolam renang antara 7,2 sampai 7,6 ppm.

Sebenarnya kadar pH cenderung stabil kecuali terdapat penambahan air dengan kadar pH yang rendah atau tinggi. Misalnya pada musim hujan, air hujan yang jatuh akan menambah volume air pada kolam renang. Selain mengubah pH air kolam, air hujan biasanya juga membuat keruh sehingga perlu untuk dikuras.

  1. Menanam Pohon di Sekitar Kolam

Adanya tanaman atau pepohonan di sekitar kolam renang memang membuatnya semakin estetis dan menyejukkan. Namun, ternyata ada fungsi lain dari pepohonan yang ditanam mengelilingi kolam renang. Yaitu untuk menghalangi banyaknya sinar matahari yang masuk kolam. Sebab dengan kadar sinar matahari yang tinggi dapat membantu pertumbuhan alga atau lumut.

  1. Menggunakan Chemical

Chemical atau bahan kimia bisa digunakan sebagai pembersih yang bisa mengangkat atau membersihkan kotoran. Beberapa chemical yang sering digunakan pada kolam renang untuk pembersih, diantaranya: Soda Ash, Chlorine, Copper Sulphate atau Trussi, Poly Aluminum Chloride (PAC), dan Hydrochloric Acid (HCL).

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kejernihan dan kebersihan kolam renang. Mungkin bagi Anda yang di rumah memiliki kolam renang pribadi bisa menerapkan cara merawat kolam renang di atas. Agar kolam renang Anda tetap jernih dan bersih, serta nyaman untuk digunakan.

Jasa Perawatan Kolam Renang Profesional di Bali

Eco Dwi menyediakan layanan perawatan kolam renang yang terbaik di Bali. Kami menjaga kolam renang anda tetap bersih dan jernih serta bebas dari kuman maupun kotoran. Dengan menggunakan peralatan bahan kimia standar internasional yang aman bagi kulit dan lingkungan. Kami memastikan kolam renang anda tetap bersih sehingga aman bagi keluarga. Hubungi kami untuk estimasi biaya!

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *