4 Cara Mengusir Hama Dari Rumah

Cara Mengusir Hama Dari Rumah

Mengusir hama dari rumah merupakan salah satu kegiatan rutin yang perlu dilakukan oleh penghuni rumah. Terutama bagi Anda. penghuni rumah yang sudah cukup lama usianya, kedatangan berbagai macam hama yang dapat mengganggu kenyamanan maupun mendatangkan bibit penyakit semakin besar peluangnya. Menggunakan racun pembunuh hama memang dapat menyingkirkan hewan pengganggu yang bersarang di rumah Anda, namun menggunakannya terlalu sering, selain beresiko mencemari lingkungan juga beresiko mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Menjaga kebersihan rumah belumlah tentu cukup untuk menyingkirkan hewan – hewan yang kerap bersarang pada rumah. Hal ini disebabkan tiap jenis hama yang sering mengganggu penghuni rumah, memiliki karakter maupun habitat yang berbeda. Dengan demikian, meskipun Anda menghuni rumah yang masih baru dan selalu menjaga kebersihannya, bukan berarti Anda terbebas dari kebutuhan untuk mencegah atau mengusir hama yang datang ke rumah Anda.

Untuk mengetahui cara yang efektif dalam mengusir hama dari rumah yang Anda tempati, simak 4 tips sederhana dari urbanpest.id, di bawah ini.

1. Eliminasi Sumber Air

Sebagian besar hewan maupun tanaman membutuhkan air untuk menopang kehidupannya. Banyak jenis hewan maupun tanaman yang tidak dapat bertahan hidup lebih lama tanpa air. Hal ini juga berlaku untuk berbagai jenis hama yang sering mendiami rumah, sehingga menyingkirkan sumber air yang dapat dijangkau oleh mereka, dapat menyingkirkan hama dari rumah Anda.

Banyak hama rumah yang menyukai tempat lembab atau memiliki sumber air yang mudah dijangkau, di antaranya seperti tikus dan kecoa. Untuk menanggulangi hal tersebut, pastikan tidak terdapat kebocoran baik pada atap, dinding, pipa maupun saluran air pada rumah Anda. Dengan demikian hama yang bersemayam pada rumah Anda akan kesulitan mendapatkan air dan menyingkir dengan sendirinya.

2. Eliminasi Sumber Makanan

Selain air hama rumah juga memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup. Dalam hal ini, menjaga kondisi rumah selalu bersih bahan yang dapat menjadi sumber makanan bagi hama dapat mencegah kehadiran mereka di rumah Anda. Contoh sumber makanan bagi hama rumah antara lain : bahan kayu pada rumah yang lembab terkena air, akan menjadi makanan lezat bagi rayap. Selain itu, sampah organik yang tercecer atau tidak dikemas dengan baik, akan menjadi sumber makanan bagi semut, kecoa dan tikus.

3. Eliminasi Tempat Bersarang

Pada umumnya kebanyakan dari hama rumah, menyukai tempat gelap yang tersembunyi, biasanya pada tempat – tempat tersebut mereka akan bersarang di rumah Anda. Namun jika Anda menyingkirkan rongga – rongga yang ada pada tembok rumah maupun menata perabotan Anda dengan baik hingga tidak terdapat sudut – sudut gelap yang tersembunyi, hal tersebut dapat mencegah hama bersarang di rumah Anda.

4. Edukasi Tetangga

Walaupun rumah Anda telah dibuat dan dirawat sedemikian rupa, jika rumah tetangga di sekitar rumah Anda masih menjadi tempat bersemayam yang nyaman bagi hama, maka kemungkinan besarnya rumah Anda juga akan kerap disambangi oleh hama tersebut. Karena pada umumnya hewan yang biasa menjadi hama rumah, memiliki area jelajah yang cukup luas pada saat mencari makan ataupun berpindah sarang.

Dengan demikian menyampaikan pengertian kepada tetangga di sekitar rumah Anda, merupakan salah satu bagian dari menciptakan lingkungan rumah yang bebas dari hama.

Baca juga: Cara Mengusir Tokek dari Rumah

Penutup

Apabila rumah Anda sudah terlanjur menjadi tempat bersarangnya hama, maka diperlukan berbagai macam tindakan yang dapat membuat mereka pergi dan tidak betah bersarang di rumah Anda. Menggunakan jasa profesional yang sudah terlatih dalam hal mengusir hama maupun merawat rumah, merupakan salah satu solusi yang dapat Anda pilih.

Untuk itu Eco Dwi Bali Service, hadir dan siap mengatasi masalah hama secara komprehensif di rumah Anda. Dengan demikian rumah Anda akan terbebas dari hama dalam waktu yang lama.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *