Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Sederhana

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Sederhana

Saluran air yang ada di rumah kita seringkali mampet, sehingga kita perlu tahu cara mengatasi saluran air mampet. Tentu terdapat beberapa faktor yang menyebabkan saluran air mampet. Bisa karena penumpukan kotoran atau kerusakan pada pipa. Untuk mampetnya saluran air karena kerusakan solusinya harus diperbaiki.

Sering kali saluran air mampet karena menumpuknya kotoran yang menutupi lubang atau pipa saluran air. Hal ini sungguh sangat mengganggu karena air tak bisa mengalir dan akan menggenang. Sedangkan untuk membersihkannya kadang kala tidak bisa menggunakan tangan.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Penumpukan Kotoran

Jika mampetnya saluran karena kotoran yang menutupi jalan mengalirnya air, maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara mudah. Cara ini memakai bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumahmu. Sehingga kamu tak perlu bingung jika wastafel atau saluran pembuangan kamar mandimu mampet.

Garam dan Air Mendidih

Cara ini cukup sederhana dan mudah dipraktikkan. Cukup siapkan sekitar setengah gelas garam dapur untuk dituangkan ke dalam pipa atau saluran air yang mampet. Selanjutnya, rebus air kurang lebih dua liter hingga mendidih dan tuangkan sedikit demi sedikit pada pipa yang telah diberi garam. Ulangi langkah ini beberapa kali.

Garam dan Baking Soda

Garam bisa berfungsi untuk membantu menggugurkan lemak karena sifatnya yang abrasif. Sedangkan baking soda yang bersifat basa mudah bereaksi dengan zat asam di sekitarnya. Reaksi keduanya akan menghasilkan karbondioksida dan membantu mengangkat kotoran yang menempel.

Cara menggunakan garam dan baking soda juga sangat mudah. Cukup campurkan keduanya dengan perbandingan 1 banding 1. Selanjutnya tuangkan pada saluran air yang mampet. Diamkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air, bisa dengan air panas atau air dingin (bukan air es).

Sabun Cuci Piring dan Air Mendidih

Cara mengatasi saluran air mampet selanjutnya dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Sabun cuci piring mengandung beberapa zat kimia yang bisa mengangkat lemak dan minyak pada alat dapur. Langkahnya dengan menuangkan sabun cuci piring pada saluran yang mampet, diamkan beberapa saat, kemudian siram dengan air mendidih. Lakukan beberapa kali.

Cuka dan Baking Soda

Cuka memiliki kandungan asam, sedangkan baking soda memiliki kandungan garam karbonat (basa). Ketika keduanya bertemu dapat menghasilkan karbondioksida yang akan membantu melepaskan lemak atau kotoran yang menempel pada saluran air. Sehingga kotoran akan jatuh dan tidak menghalangi jalan keluarnya air.

Cara membersihkan saluran air dengan cuka dan baking soda yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan satu banding satu. Tuangkan campuran pada saluran air dan diamkan selama 5 menit, tunggu bereaksi. Untuk membantu menghilangkan kotoran bisa dibantu dengan menyikat sambil menyiramkan air panas.

Air Lemon

Ternyata air atau jus lemon yang segar untuk diminum, bisa dipakai untuk mengatasi saluran air yang mampet. Kandungan pada lemon mampu mengangkat lemak atau kotoran. Cara pengaplikasiannya bisa dengan tambahan baking soda atau cukup dengan air lemon saja tanpa campuran.

Jika ingin menggunakan air lemon saja, cukup tuangkan sekitar 250 ml air lemon sedikit demi sedikit pada saluran, biarkan sekitar 15 menit, dan siram menggunakan air. Kalau saluran masih mampet, ulangi beberapa kali. Jika menggunakan campuran baking soda, tuangkan air lemon baru taburkan baking soda, kemudian diamkan dan siram.

Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga cukup ampuh untuk mengatasi mampetnya saluran air. Cukup dengan menuangkan sekitar 250 ml pemutih ke saluran air, diamkan sekitar 10 menit, dan siram dengan air sedikit demi sedikit sampai kotoran yang menyumbat hilang.

Soda Api

Soda api bersifat korosif sehingga bisa diandalkan untuk mengangkat kotoran pada saluran air. Caranya dengan menuangkan soda api pada saluran air, lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit sampai kotoran yang menutup saluran hanyut semua.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan ketika saluran air di rumahmu mampet karena tertutup kotoran. Bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan dan biasa digunakan di rumah. Selamat mencoba cara mengatasi saluran air mampet dengan bahan-bahan di atas.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *