Cara Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi agar Kembali Kinclong

Cara membersihkan kerak pada lantai kamar mandi

Mungkin Anda menginginkan kamar mandi atau toilet lama Anda kembali bersih dan kinclong. Meskipun sudah rutin dibersihkan sering kali kerak yang membandel tetap menempel. Memang toilet yang kotor, bau, dan berkerak membuat penghuni atau menggunakanya tidak nyaman. Tak hanya karena merasa jijik, tapi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Sebagai tempat pembuangan kotoran, toilet menjadi tempat hunian para kuman dan bakteri berbahaya bagi tubuh manusia. Sehingga kebersihannya perlu dijaga dan diperhatikan. Toilet yang baru pastinya nampak bersih dan tanpa kerak sedikit pun. Tetapi, seiring berjalannya waktu dan sering digunakan, lumut dan kerak mulai muncul dan mengotori.

Cara Membersihkan Kerak di Toilet Menggunakan Bahan Alami

Untuk mengatasi kerak yang membandel di lantai toilet, biasanya kita menggunakan cairan khusus pembersih toilet. Kadang dengan produk tersebut kerak bisa sedikit terangkat, kadang juga sama sekali tidak. Namun, tahukah Anda jika terdapat bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak membandel di toilet?

Jeruk Nipis atau Lemon

Bahan alami yang pertama yaitu jeruk nipis atau lemon. Kedua jenis jeruk ini memiliki kandungan yang mampu mengangkat noda atau kerak membandel. Bahkan lemon juga bisa untuk menghilangkan karat. Kalau misalnya keran toilet Anda berkarat, bisa diatasi dengan meneteskan air lemon pada bagian yang berkarat tersebut.

Cara menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan kerak cukup mudah. Tinggal belah jeruk kemudian peras untuk diambil airnya dan teteskan pada lantai toilet yang berkerak. Diamkan sekitar 20 menit lalu sikat dan bilas dengan air bersih.

Buah Belimbing Wuluh

Tak hanya sebagai bahan campuran masakan, belimbing dipercaya dapat mengangkat noda atau kerak membandel pada permukaan kloset atau lantai toilet. Ini dikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam yang tinggi. Cara penggunaannya dengan memotong belimbing wuluh dan menggosokkan potongan tersebut pada bagian berkerak. Biarkan hingga kering dan sikat lalu bilas.

Garam Kasar

Toilet sangat mudah ditumbuhi oleh lumut karena tempatnya yang lembab. Jika dibiarkan terlalu lama lumut akan mengendap dan menjadi kerak. Untuk membersihkan lumut-lumut tersebut, bisa menggunakan garam kasar atau yang tidak beryodium. Cukup dengan merebusnya bersama air, ketika masih panas tuangkan pada bagian yang berlumut lalu sikat dan bilas.

Cara Membersihkan Kerak di Toilet Menggunakan Bahan Buatan

Kalau sulit menemukan bahan alami di sekitar Anda, bahan buatan yang mengandung zat kimia tertentu juga bisa membantu. Beberapa rekomendasi bahan buatan di bawah ini mudah ditemukan dan biasa digunakan sehari-hari. Jadi Anda tak perlu kesulitan mencarinya.

Baking Soda

Menggunakan baking soda dalam jumlah banyak dapat mengangkat kerak membandel di lantai, permukaan kloset atau dinding. Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan menaburkan baking soda pada permukaan lantai, kloset atau dinding. Lalu percikkan air panas, diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya tinggal sikat dan bilas dengan air bersih.

Cuka

Cuka tergolong zat yang mengandung asam, jadi bisa membantu mengangkat noda, jamur, lumut, atau kerak yang membandel di toilet. Untuk membersihkan kerak, cuka bisa digunakan sendiri atau juga bisa dicampur penggunaannya bersama garam atau baking soda.

Untuk menggunakan cuka tanpa campuran, siapkan botol semprot dan air mendidih. Cuka yang digunakan di sini adalah cuka putih. Setelah cuka dimasukkan dalam botol semprot, semprotkan pada bagian yang berkerak. Diamkan 10 menit lalu siram dengan air panas yang baru dididihkan sambil disikat agar kerak kian mudah terangkat.

Kaporit

Bahan ampuh lainnya yang bisa mengangkat kerak membandel yaitu kaporit. Kaporit bersifat basa dan beracun sehingga digunakan sebagai desinfektan. Biasanya kaporit juga digunakan pada kolam renang untuk membunuh kuman atau bakteri yang hidup di air sehingga tak dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena sifatnya yang demikian, kaporit cocok digunakan untuk membersihkan toilet yang banyak mengandung kuman atau bakteri serta mengangkat kerak. Untuk menggunakannya dimulai dengan menuangkan air panas pada lantai toilet, taburkan bubuk kaporit, diamkan 30 menit lalu sikat dan bilas sampai bersih.

Itulah bahan dan langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak membandel pada lantai toilet. Cukup dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah yang tidak ribet, kamar mandi lama Anda bisa kembali bersih dan kinclong seperti baru.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *