Tips Dalam Membereskan Rumah

Tips dalam membereskan rumah

Selain membersihkan rumah, membereskan rumah merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang perlu dilakukan secara rutin, agar rumah selalu tampak bersih dan rapi. Namun, melakukannya tanpa mengetahui cara membereskan rumah yang berantakan dengan tepat, bukan saja membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih lama, hasil yang didapat juga kurang memuaskan.

Pada dasarnya, membereskan rumah adalah kegiatan menata dan menempatkan kembali barang – barang yang ada di rumah Anda sesuai dengan estetikanya, agar rumah terlihat rapi dan bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ada beberapa tips dalam cara membereskan rumah yang berantakan, di bawah ini yang dapat Anda simak.

Merapikan Barang dan Perabotan

Barang – barang pribadi yang berserakan maupun perabotan rumah yang tidak tepat pada posisinya, dapat membuat rumah terlihat seperti kapal pecah, apalagi jika ditambah dengan tumpukan sampah dan hama yang berkeliaran.

Cara membereskan rumah yang berantakan paling awal adalah dengan merapikan kembali barang – barang setelah digunakan dan mengembalikan kembali posisi perabotan yang kurang tepat posisinya.

Menjaga Kebersihan Rumah dan Perabotan

Selalu menjaga kebersihan rumah akan membuat rumah menjadi lebih enak dipandang. Sekalipun barang – barang di rumah Anda sudah tertata dengan rapi, jika masih terdapat sampah atau kotoran yang tertinggal, akan merusak suasana dalam rumah Anda. Selain itu dengan kondisi rumah yang selalu bersih, membuat diri Anda dan keluarga hidup lebih sehat.

Menyingkirkan Barang dan Perabotan

Barang yang bertumpuk maupun perabotan yang terlalu banyak akan membuat ruangan di rumah Anda terasa sempit dan berantakan. Agar rumah tidak terlihat berantakan atau sempit, salah satu cara membereskan rumah yang berantakan yang efektif adalah menghindari kebiasaan membuat “sarang”, dengan membuang barang – barang yang sudah tidak terpakai dan menyimpan perabotan yang jarang digunakan di dalam gudang.

cara merapikan rumah

Memperbaiki Bagian Rumah yang Rusak

Kerusakan pada salah satu bagian maupun ornamen rumah, apabila tidak segera diperbaiki akan membuat rumah menjadi terlihat berantakan. Misalnya, wallpaper yang terkelupas, kebocoran pada atap yang merembes ke plafon. Selain itu, perabotan yang rusak juga akan merusak pemandangan di dalam rumah Anda.

Cara membereskan bagian rumah yang rusak jika belum memungkinkan untuk memperbaikinya adalah dengan menutupinya dengan barang atau perabotan lain. Misalnya jika Anda belum dapat mengganti wallpaper yang terkelupas, Anda dapat menutupnya dengan meletakkan lukisan atau lemari di depannya.

Menyediakan Ruangan Khusus Bagi Anak

Bagi Anda yang telah berumah tangga, kehadiran anak memang dapat membuat kehidupan menjadi lebih bahagia, apalagi jika mereka tumbuh sehat dan selalu aktif. Namun dengan sifat ingin tahunya yang tinggi, tanpa pengawasan atau membatasi ruang aktivitasnya, maka kehadiran mereka dapat membuat kondisi rumah Anda menjadi berantakan.

Apabila Anda terlalu sibuk untuk selalu mengawasi anak dan tidak ada babysitter yang membantu, maka menyediakan ruangan khusus bagi mereka adalah sebuah pilihan yang bijaksana. Karena selain membatasi area rumah yang berantakan dari aktivitas mereka, langkah ini juga dapat menjauhkan anak dari resiko barang maupun bahan berbahaya yang ada di rumah Anda.

Mengusir Hama

Mengusir hama yang kerap bersarang pada rumah, juga merupakan bagian dari cara membereskan rumah yang berantakan. Karena keberadaan hama pada rumah juga dapat membuat suasana di dalam rumah menjadi berantakan. Misalnya, keberadaan laba – laba yang bersarang di sudut ruangan, rayap dan hewan pengerat yang akan merusak bagian rumah maupun perabotan.

Menjaga rumah Anda selalu bebas dari kehadiran hama pengganggu rumah, termasuk bagian dari usaha untuk mencegah kondisi rumah Anda menjadi berantakan.

Penutup Membereskan rumah merupakan kegiatan yang perlu dilakukan dengan rutin setiap hari, agar rumah selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Namun pada saat – saat tertentu, Anda akan membutuhkan bantuan dari ahlinya. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi layanan cleaning service profesional

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *