Blog

Baca Tips Seputar Pemeliharaan bangunan

Terkadang kerusakan kecil pada bangunan rumah bisa diselesaikan sendiri dengan metode DIY. Berikut kami rangkum Tips seputar pemeliharaan bangunan yang dapat anda lakukan sendiri.

Categories:

Tips dalam membereskan rumah

Tips Dalam Membereskan Rumah

Selain membersihkan rumah, membereskan rumah merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang perlu dilakukan secara rutin, agar rumah selalu tampak bersih dan rapi. Namun, melakukannya tanpa mengetahui cara membereskan rumah yang berantakan dengan tepat, bukan saja membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih lama, hasil yang didapat juga kurang memuaskan.

Pada dasarnya, membereskan rumah adalah kegiatan menata dan menempatkan kembali barang – barang yang ada di rumah Anda sesuai dengan estetikanya, agar rumah terlihat rapi dan bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ada beberapa tips dalam cara membereskan rumah yang berantakan, di bawah ini yang dapat Anda simak.

Merapikan Barang dan Perabotan

Barang – barang pribadi yang berserakan maupun perabotan rumah yang tidak tepat pada posisinya, dapat membuat rumah terlihat seperti kapal pecah, apalagi jika ditambah dengan tumpukan sampah dan hama yang berkeliaran.

Cara membereskan rumah yang berantakan paling awal adalah dengan merapikan kembali barang – barang setelah digunakan dan mengembalikan kembali posisi perabotan yang kurang tepat posisinya.

Menjaga Kebersihan Rumah dan Perabotan

Selalu menjaga kebersihan rumah akan membuat rumah menjadi lebih enak dipandang. Sekalipun barang – barang di rumah Anda sudah tertata dengan rapi, jika masih terdapat sampah atau kotoran yang tertinggal, akan merusak suasana dalam rumah Anda. Selain itu dengan kondisi rumah yang selalu bersih, membuat diri Anda dan keluarga hidup lebih sehat.

Menyingkirkan Barang dan Perabotan

Barang yang bertumpuk maupun perabotan yang terlalu banyak akan membuat ruangan di rumah Anda terasa sempit dan berantakan. Agar rumah tidak terlihat berantakan atau sempit, salah satu cara membereskan rumah yang berantakan yang efektif adalah menghindari kebiasaan membuat “sarang”, dengan membuang barang – barang yang sudah tidak terpakai dan menyimpan perabotan yang jarang digunakan di dalam gudang.

cara merapikan rumah

Memperbaiki Bagian Rumah yang Rusak

Kerusakan pada salah satu bagian maupun ornamen rumah, apabila tidak segera diperbaiki akan membuat rumah menjadi terlihat berantakan. Misalnya, wallpaper yang terkelupas, kebocoran pada atap yang merembes ke plafon. Selain itu, perabotan yang rusak juga akan merusak pemandangan di dalam rumah Anda.

Cara membereskan bagian rumah yang rusak jika belum memungkinkan untuk memperbaikinya adalah dengan menutupinya dengan barang atau perabotan lain. Misalnya jika Anda belum dapat mengganti wallpaper yang terkelupas, Anda dapat menutupnya dengan meletakkan lukisan atau lemari di depannya.

Menyediakan Ruangan Khusus Bagi Anak

Bagi Anda yang telah berumah tangga, kehadiran anak memang dapat membuat kehidupan menjadi lebih bahagia, apalagi jika mereka tumbuh sehat dan selalu aktif. Namun dengan sifat ingin tahunya yang tinggi, tanpa pengawasan atau membatasi ruang aktivitasnya, maka kehadiran mereka dapat membuat kondisi rumah Anda menjadi berantakan.

Apabila Anda terlalu sibuk untuk selalu mengawasi anak dan tidak ada babysitter yang membantu, maka menyediakan ruangan khusus bagi mereka adalah sebuah pilihan yang bijaksana. Karena selain membatasi area rumah yang berantakan dari aktivitas mereka, langkah ini juga dapat menjauhkan anak dari resiko barang maupun bahan berbahaya yang ada di rumah Anda.

Mengusir Hama

Mengusir hama yang kerap bersarang pada rumah, juga merupakan bagian dari cara membereskan rumah yang berantakan. Karena keberadaan hama pada rumah juga dapat membuat suasana di dalam rumah menjadi berantakan. Misalnya, keberadaan laba – laba yang bersarang di sudut ruangan, rayap dan hewan pengerat yang akan merusak bagian rumah maupun perabotan.

Menjaga rumah Anda selalu bebas dari kehadiran hama pengganggu rumah, termasuk bagian dari usaha untuk mencegah kondisi rumah Anda menjadi berantakan.

Penutup Membereskan rumah merupakan kegiatan yang perlu dilakukan dengan rutin setiap hari, agar rumah selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Namun pada saat – saat tertentu, Anda akan membutuhkan bantuan dari ahlinya. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi layanan cleaning service profesional

cara merawat tanaman hias

Cara Merawat Tanaman Hias

Apabila Anda suka memelihara tanaman hias, maka setidaknya Anda perlu mengetahui cara merawat tanaman hias dengan baik, agar tanaman hias peliharaan Anda dapat tetap tampil indah dan segar.

Banyak orang menyukai tanaman hias, karena selain dapat memperindah rumah, merawat tanaman hias juga merupakan salah satu kegiatan positif untuk mengisi waktu luang yang dapat mendatangkan peluang penghasilan tambahan. Agar tanaman hias milik Anda dapat tumbuh subur dengan baik, tentunya memerlukan perawatan dengan cara yang tepat.

Cara merawat tanaman hias yang baik pada dasarnya adalah mengkondisikan lingkungannya agar sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, Anda perlu mempelajari habitat asli tanaman hias milik Anda, dengan demikian Anda lebih mudah untuk mengetahui kondisi lingkungan yang dibutuhkannya.

Banyak jenis tanaman hias yang berasal dari berbagai jenis tanaman yang berbeda, juga memiliki karakter dan habitat yang berbeda. Sehingga tanaman – tanaman tersebut juga memiliki cara penanganan yang berbeda – beda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara merawat tanaman hias milik Anda.

Media Tanam

Setiap jenis tanaman hias memerlukan media tanam yang cocok untuk dapat tumbuh dengan subur. Sehingga sebelum menempatkan salah satu tanaman hias pada pot, Anda perlu mengetahui jenisnya untuk dapat memilih media tanam yang tepat.

Pada umumnya kebanyakan tanaman dapat tumbuh dengan subur pada tanah yang kaya akan kandungan nutrisi organik, yang dibutuhkan oleh tanaman. Namun jenis tanaman tertentu memerlukan media tanam yang berbeda. Misalnya tanaman dari jenis kaktus, mereka memerlukan media tanam yang porus dan kering, menanam mereka pada tanah humus, justru membuat akar dan batang mereka rawan terserang penyakit.

Pengairan

Selain menanam tanaman pada media tanam yang tepat, cara merawat tanaman hias yang lain adalah memberikannya air sesuai kebutuhannya. Setiap tanaman hias membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Setiap jenis tanaman juga memiliki kebutuhan air yang berbeda, memberikannya terlalu banyak air atau terlalu sedikit air, tanpa memperhatikan jenis tanaman, dapat membawa efek yang kurang baik bagi tanaman hias milik Anda. Misalnya jenis tanaman air, agar dapat tumbuh dengan baik, mereka perlu ditanam pada media tanam dengan genangan air.

menyiram tanaman, cara merawat tanaman

Cahaya Matahari

Semua tanaman memerlukan cahaya matahari serta nutrisi untuk mengolah makanannya dan bertahan hidup. Hanya saja, setiap jenis tanaman memiliki daya tahan terhadap sinar matahari yang berbeda – beda. Dengan demikian, Anda perlu menempatkannya pada tempat dengan sinar matahari sesuai kebutuhannya. Misalnya : banyak jenis tanaman keladi yang tidak kuat terkena terik sinar matahari, untuk itu, cara merawat tanaman hias dari jenis ini adalah dengan menempatkannya di tempat yang cukup teduh, seperti di teras rumah atau di bawah pohon besar.

Pemberian Pupuk

Selain mengandalkan nutrisi yang terdapat pada media tanam, secara berkala tanaman hias juga memerlukan nutrisi tambahan yang bisa diperoleh dari pupuk.

Pada umumnya kebanyakan tanaman hias dapat tercukupi kebutuhan pupuknya dengan memberikannya pupuk yang mengandung nitrogen, fosfat dan kalium (NPK) atau urea. Sebelum memberikannya kepada tanaman Anda, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara penggunaannya dan menyesuaikannya dengan jenis tanaman hias milik Anda.

Penutup

Tanaman hias juga merupakan makhluk hidup yang dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Walaupun mereka tidak dapat berbicara, namun tanaman hias milik Anda dapat merespon perhatian yang diberikan kepada mereka. Misalnya tanaman yang dirawat dengan penuh perhatian akan tumbuh subur dan berbunga.

Tanaman yang dirawat dengan kasih sayang oleh pemiliknya akan terlihat lebih indah dari yang dirawat dengan kasar atau dirawat dengan asal – asalan. Untuk itu, jika Anda terlalu sibuk untuk dapat memberikan perhatian kepada tanaman hias milik Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan layanan profesional.

Mengenal Peralatan Cleaning Services

Mengenal Peralatan Cleaning Services

Sekalipun pekerjaan membersihkan rumah atau kantor bukanlah pekerjaan Anda, mengenal peralatan cleaning service akan memberikan manfaat tersendiri bagi Anda. Misalnya dengan mengenali peralatan yang digunakan, Anda dapat melihat kelengkapan maupun kualitas layanan yang diberikan oleh jasa cleaning service yang Anda gunakan.

Membersihkan rumah merupakan salah satu kegiatan rutin yang umum dilakukan banyak orang. Pada umumnya orang menganggap kegiatan ini dapat dilakukan siapa saja, dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti sapu, alat pel atau penyedot debu. Namun di kalangan profesional, kegiatan membersihkan rumah ataupun kantor memiliki standar tersendiri, yang perlu dilakukan dengan peralatan yang memadai. Berikut ini perlengkapan standar yang perlu dibawa oleh petugas cleaning service, beserta fungsinya masing – masing.

1. Kotak Perlengkapan

Kotak perlengkapan atau yang disebut juga Caddy Cary merupakan kotak yang digunakan untuk menyimpan peralatan yang berukuran kecil maupun bahan pembersih. Fungsi kotak ini serupa dengan tool box yang digunakan oleh montir atau tukang.

2. Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner atau yang sering dikenal sebagai alat penyedot debu, digunakan untuk membersihkan karpet, maupun ceceran air pada lantai. Biasanya alat yang dibawa merupakan alat yang memiliki fungsi ganda, yaitu Vacum Cleaner Basah maupun kering.

3. Alat Pel (Mop) dan Ember Kecil

Mop atau yang biasa disebut alat pel seperti yang digunakan pada rumah tangga pada umumnya, hanya saja kain yang berada pada bagian ujung alat ini merupakan kain khusus mop, terbuat dari semacam serat flanel, yang dapat menyerap air dan kotoran lebih baik.

4. Mesin Gosok Lantai

Peralatan cleaning service berukuran besar yang selalu dibawa oleh petugas cleaning service selain vacuum cleaner adalah mesin gosok lantai atau Floor Machine. Biasanya alat ini digunakan untuk menggosok lantai maupun karpet. Selain digunakan untuk membuat lantai Anda menjadi mengkilap, peralatan ini juga digunakan untuk mencuci karpet lantai, dengan bantuan vacuum cleaner.

5. Sikat, Sapu dan Pengki

Kalau Anda sering melakukan kegiatan bersih – bersih di rumah, tentunya Anda dapat dengan mudah mengenali peralatan cleaning service ini, yang sudah sering Anda gunakan saat melakukan kegiatan tersebut.

Seperti perlengkapan kebersihan pada rumah tangga pada umumnya, sikat, sapu dan pengki (dustpan) merupakan salah satu peralatan yang selalu ada dalam kelengkapan alat cleaning service. Hanya saja perlengkapan tersebut, yang dibawa oleh petugas cleaning service profesional, tentunya lebih beragam ukuran maupun jenisnya. Misalnya, seperti sikat, terdiri dari sikat lantai, sikat untuk perabotan maupun sikat kecil

6. Kain Lap

Berbagai jenis kain lap, juga merupakan peralatan cleaning service yang wajib dibawa, diantaranya :

  • Kain micro fiber atau yang sering disebut “kanebo”, biasanya digunakan untuk mengelap kaca atau barang – barang porselen.
  • Kain lap biasa.
  • Lap flanel.
  • Handuk kecil.
  • Busa pembersih, digunakan untuk menggosok perabotan yang mudah tergores, seperti kaca maupun porselen.

7. Squeegee

Squeegee atau wiper kecil, digunakan untuk menyeka air dari permukaan kaca, misalnya seperti pada saat membersihkan kaca jendela.

8. Botol Sprayer dan Bahan Pembersih

Selain membawa peralatan untuk membersihkan ruangan maupun perabotan, bahan atau cairan pembersih merupakan salah satu kelengkapan yang harus ada dalam peralatan cleaning service, diantaranya : semir furnitur, cairan pembersih kaca, disinfektan, pembersih jamur, pembersih kerak, cairan pembersih lantai, pemutih (bleacher), sanitiser, pembersih alat masak, detergen dan pengharum ruangan.

9. Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri (APD), merupakan perlengkapan wajib yang harus selalu dibawa oleh petugas cleaning service pada saat akan melaksanakan perkerjaannya. Walaupun bukan di masa terjadinya wabah, misalnya seperti saat ini wabah Covid-19, jasa cleaning service yang profesional akan selalu memperhatikan keamanan petugasnya dengan membekalinya dengan APD. Hal ini disebabkan karena banyak bahan – bahan kimia pembersih yang digunakan, dapat mengeluarkan uap yang berbahaya, serta ada juga yang bersifat korosif, sehingga dapat menimbulkan iritasi jika terkena kulit.

APD yang umum digunakan oleh petugas cleaning service adalah : penutup kepala, masker, kaca mata bening, sarung tangan karet dan celemek.

Penutup

Dengan mengenal peralatan cleaning service, selain dapat memudahkan Anda saat akan melakukan kegiatan ini sendiri, Anda juga dapat mengetahui sarana penunjang apa saja yang akan diperlukan pada saat Anda memutuskan menggunakan jasa cleaning service profesional.

Tips menjaga kebersihan rumah dari visrus dan bakteri

Tips Menjaga Kebersihan Rumah dari Virus dan Bakteri

Menyapu dan mengepel lantai untuk menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu kegiatan rutin sehari – hari yang dilakukan banyak orang. Dari kegiatan tersebut, selain dapat membuat terlihat rapi dan bersih, juga dapat dijadikan sarana refreshing, terutama bagi Anda yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Banyak orang yang suka dengan lingkungan rumah yang bersih, sehingga melakukan bersih – bersih rumahnya secara rutin. Namun membersihkan rumah dari sampah maupun debu belumlah tentu dapat membuat rumah Anda bersih dari virus maupun bakteri patogen, terutama di saat – saat masa pandemi saat ini.

Untuk mengetahui cara yang efektif dalam menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, di bawah ini.

1. Memastikan Cahaya Matahari Masuk

Banyak jenis virus maupun bakteri yang mati pada saat terkena cahaya matahari, pada umumnya mereka tidak kuat jika terkena sinar ultra violet berintensitas tinggi, yang banyak terdapat pada cahaya matahari di pagi hari.

Untuk menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, selain membersihkan bagian rumah dan perabotan di dalam rumah Anda, menjaga agar ruangan dalam rumah mendapatkan cahaya matahari pagi merupakan langkah efektif untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri yang merugikan.

Selain membuat cahaya matahari pagi menyinari ruangan rumah Anda, menjemur perabotan maupun perlengkapan yang sering bersentuhan dengan tubuh saat dipakai juga dapat membantu membunuh mikro organisme yang menempel di situ. Misalnya menjemur bantalan kursi, karpet duduk, dan lain – lain.

2. Memastikan Sirkulasi Udara yang Cukup

Banyak bakteri maupun virus yang dapat berpindah melalui udara, misalnya virus flu dan bakteri penyebab TBC. Hal tersebut membuat rumah dengan sirkulasi udara yang buruk dapat menjadi ajang penularan berbagai penyakit. Selain itu sirkulasi udara yang buruk maupun kurangnya cahaya matahari pada ruangan dalam rumah, dapat membuat rumah Anda menjadi lembab dan rawan terhadap berbagai macam jamur.

Dengan demikian selain membersihkan bagian maupun perabotan rumah, untuk menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri, Anda juga perlu memperhatikan sirkulasi udara maupun cahaya matahari pada rumah Anda.

3. Perhatikan Kebersihan Pendingin Ruangan

Banyak rumah yang saat ini dilengkapi dengan pendingin ruangan atau biasa disebut AC (Air Conditioning). Untuk menjaga agar AC pada rumah Anda tidak menjadi sarana penyebaran bakteri, virus maupun jamur, secara berkala Anda perlu merawatnya dengan membersihkan baik out door unit maupun indoor unit.

Apabila Anda kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa profesional yang dapat Anda hubungi sewaktu – waktu. Dengan demikian rumah Anda selalu terjaga kebersihannya dari bakteri maupun virus.

4. Menggunakan Bahan yang Tepat

Membersihkan rumah dari virus dan bakteri, selain menggunakan alat – alat kebersihan, tentunya juga perlu menggunakan bahan yang tepat. Kebanyakan disinfektan yang di jual di pasaran, belum tentu mengandung bahan kimia yang dapat membunuh virus.

jasa penyemprotan disinfektan bali

Untuk itu perhatikan kandungan bahan kimia dalam disinfektan yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah Anda. Menurut WHO, disinfektan yang efektif untuk membunuh virus setidaknya mengandung 0.05% sodium hypochlorite (NaClO) atau berbahan alkohol dengan kadar minimal 70%.

Penutup

Menjaga kebersihan rumah dari virus dan bakteri merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan, terutama di saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Karena Anda dan anggota keluarga banyak menghabiskan waktu di rumah, menjaganya menjadi tempat yang sehat dapat meningkatkan peluang Anda beserta keluarga untuk hidup sehat. Untuk itu apabila Anda ragu akan kondisi rumah Anda, jangan segan memanggil jasa profesional yang sudah terlatih untuk mengatasi kondisi yang menjadi masalah pada rumah Anda.

Cara membersihkan kerak pada lantai kamar mandi

Cara Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi agar Kembali Kinclong

Mungkin Anda menginginkan kamar mandi atau toilet lama Anda kembali bersih dan kinclong. Meskipun sudah rutin dibersihkan sering kali kerak yang membandel tetap menempel. Memang toilet yang kotor, bau, dan berkerak membuat penghuni atau menggunakanya tidak nyaman. Tak hanya karena merasa jijik, tapi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Sebagai tempat pembuangan kotoran, toilet menjadi tempat hunian para kuman dan bakteri berbahaya bagi tubuh manusia. Sehingga kebersihannya perlu dijaga dan diperhatikan. Toilet yang baru pastinya nampak bersih dan tanpa kerak sedikit pun. Tetapi, seiring berjalannya waktu dan sering digunakan, lumut dan kerak mulai muncul dan mengotori.

Cara Membersihkan Kerak di Toilet Menggunakan Bahan Alami

Untuk mengatasi kerak yang membandel di lantai toilet, biasanya kita menggunakan cairan khusus pembersih toilet. Kadang dengan produk tersebut kerak bisa sedikit terangkat, kadang juga sama sekali tidak. Namun, tahukah Anda jika terdapat bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak membandel di toilet?

Jeruk Nipis atau Lemon

Bahan alami yang pertama yaitu jeruk nipis atau lemon. Kedua jenis jeruk ini memiliki kandungan yang mampu mengangkat noda atau kerak membandel. Bahkan lemon juga bisa untuk menghilangkan karat. Kalau misalnya keran toilet Anda berkarat, bisa diatasi dengan meneteskan air lemon pada bagian yang berkarat tersebut.

Cara menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan kerak cukup mudah. Tinggal belah jeruk kemudian peras untuk diambil airnya dan teteskan pada lantai toilet yang berkerak. Diamkan sekitar 20 menit lalu sikat dan bilas dengan air bersih.

Buah Belimbing Wuluh

Tak hanya sebagai bahan campuran masakan, belimbing dipercaya dapat mengangkat noda atau kerak membandel pada permukaan kloset atau lantai toilet. Ini dikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam yang tinggi. Cara penggunaannya dengan memotong belimbing wuluh dan menggosokkan potongan tersebut pada bagian berkerak. Biarkan hingga kering dan sikat lalu bilas.

Garam Kasar

Toilet sangat mudah ditumbuhi oleh lumut karena tempatnya yang lembab. Jika dibiarkan terlalu lama lumut akan mengendap dan menjadi kerak. Untuk membersihkan lumut-lumut tersebut, bisa menggunakan garam kasar atau yang tidak beryodium. Cukup dengan merebusnya bersama air, ketika masih panas tuangkan pada bagian yang berlumut lalu sikat dan bilas.

Cara Membersihkan Kerak di Toilet Menggunakan Bahan Buatan

Kalau sulit menemukan bahan alami di sekitar Anda, bahan buatan yang mengandung zat kimia tertentu juga bisa membantu. Beberapa rekomendasi bahan buatan di bawah ini mudah ditemukan dan biasa digunakan sehari-hari. Jadi Anda tak perlu kesulitan mencarinya.

Baking Soda

Menggunakan baking soda dalam jumlah banyak dapat mengangkat kerak membandel di lantai, permukaan kloset atau dinding. Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan menaburkan baking soda pada permukaan lantai, kloset atau dinding. Lalu percikkan air panas, diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya tinggal sikat dan bilas dengan air bersih.

Cuka

Cuka tergolong zat yang mengandung asam, jadi bisa membantu mengangkat noda, jamur, lumut, atau kerak yang membandel di toilet. Untuk membersihkan kerak, cuka bisa digunakan sendiri atau juga bisa dicampur penggunaannya bersama garam atau baking soda.

Untuk menggunakan cuka tanpa campuran, siapkan botol semprot dan air mendidih. Cuka yang digunakan di sini adalah cuka putih. Setelah cuka dimasukkan dalam botol semprot, semprotkan pada bagian yang berkerak. Diamkan 10 menit lalu siram dengan air panas yang baru dididihkan sambil disikat agar kerak kian mudah terangkat.

Kaporit

Bahan ampuh lainnya yang bisa mengangkat kerak membandel yaitu kaporit. Kaporit bersifat basa dan beracun sehingga digunakan sebagai desinfektan. Biasanya kaporit juga digunakan pada kolam renang untuk membunuh kuman atau bakteri yang hidup di air sehingga tak dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena sifatnya yang demikian, kaporit cocok digunakan untuk membersihkan toilet yang banyak mengandung kuman atau bakteri serta mengangkat kerak. Untuk menggunakannya dimulai dengan menuangkan air panas pada lantai toilet, taburkan bubuk kaporit, diamkan 30 menit lalu sikat dan bilas sampai bersih.

Itulah bahan dan langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak membandel pada lantai toilet. Cukup dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah yang tidak ribet, kamar mandi lama Anda bisa kembali bersih dan kinclong seperti baru.

Cara Mengusir Hama Dari Rumah

4 Cara Mengusir Hama Dari Rumah

Mengusir hama dari rumah merupakan salah satu kegiatan rutin yang perlu dilakukan oleh penghuni rumah. Terutama bagi Anda. penghuni rumah yang sudah cukup lama usianya, kedatangan berbagai macam hama yang dapat mengganggu kenyamanan maupun mendatangkan bibit penyakit semakin besar peluangnya. Menggunakan racun pembunuh hama memang dapat menyingkirkan hewan pengganggu yang bersarang di rumah Anda, namun menggunakannya terlalu sering, selain beresiko mencemari lingkungan juga beresiko mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Menjaga kebersihan rumah belumlah tentu cukup untuk menyingkirkan hewan – hewan yang kerap bersarang pada rumah. Hal ini disebabkan tiap jenis hama yang sering mengganggu penghuni rumah, memiliki karakter maupun habitat yang berbeda. Dengan demikian, meskipun Anda menghuni rumah yang masih baru dan selalu menjaga kebersihannya, bukan berarti Anda terbebas dari kebutuhan untuk mencegah atau mengusir hama yang datang ke rumah Anda.

Untuk mengetahui cara yang efektif dalam mengusir hama dari rumah yang Anda tempati, simak 4 tips sederhana dari urbanpest.id, di bawah ini.

1. Eliminasi Sumber Air

Sebagian besar hewan maupun tanaman membutuhkan air untuk menopang kehidupannya. Banyak jenis hewan maupun tanaman yang tidak dapat bertahan hidup lebih lama tanpa air. Hal ini juga berlaku untuk berbagai jenis hama yang sering mendiami rumah, sehingga menyingkirkan sumber air yang dapat dijangkau oleh mereka, dapat menyingkirkan hama dari rumah Anda.

Banyak hama rumah yang menyukai tempat lembab atau memiliki sumber air yang mudah dijangkau, di antaranya seperti tikus dan kecoa. Untuk menanggulangi hal tersebut, pastikan tidak terdapat kebocoran baik pada atap, dinding, pipa maupun saluran air pada rumah Anda. Dengan demikian hama yang bersemayam pada rumah Anda akan kesulitan mendapatkan air dan menyingkir dengan sendirinya.

2. Eliminasi Sumber Makanan

Selain air hama rumah juga memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup. Dalam hal ini, menjaga kondisi rumah selalu bersih bahan yang dapat menjadi sumber makanan bagi hama dapat mencegah kehadiran mereka di rumah Anda. Contoh sumber makanan bagi hama rumah antara lain : bahan kayu pada rumah yang lembab terkena air, akan menjadi makanan lezat bagi rayap. Selain itu, sampah organik yang tercecer atau tidak dikemas dengan baik, akan menjadi sumber makanan bagi semut, kecoa dan tikus.

3. Eliminasi Tempat Bersarang

Pada umumnya kebanyakan dari hama rumah, menyukai tempat gelap yang tersembunyi, biasanya pada tempat – tempat tersebut mereka akan bersarang di rumah Anda. Namun jika Anda menyingkirkan rongga – rongga yang ada pada tembok rumah maupun menata perabotan Anda dengan baik hingga tidak terdapat sudut – sudut gelap yang tersembunyi, hal tersebut dapat mencegah hama bersarang di rumah Anda.

4. Edukasi Tetangga

Walaupun rumah Anda telah dibuat dan dirawat sedemikian rupa, jika rumah tetangga di sekitar rumah Anda masih menjadi tempat bersemayam yang nyaman bagi hama, maka kemungkinan besarnya rumah Anda juga akan kerap disambangi oleh hama tersebut. Karena pada umumnya hewan yang biasa menjadi hama rumah, memiliki area jelajah yang cukup luas pada saat mencari makan ataupun berpindah sarang.

Dengan demikian menyampaikan pengertian kepada tetangga di sekitar rumah Anda, merupakan salah satu bagian dari menciptakan lingkungan rumah yang bebas dari hama.

Baca juga: Cara Mengusir Tokek dari Rumah

Penutup

Apabila rumah Anda sudah terlanjur menjadi tempat bersarangnya hama, maka diperlukan berbagai macam tindakan yang dapat membuat mereka pergi dan tidak betah bersarang di rumah Anda. Menggunakan jasa profesional yang sudah terlatih dalam hal mengusir hama maupun merawat rumah, merupakan salah satu solusi yang dapat Anda pilih.

Untuk itu Eco Dwi Bali Service, hadir dan siap mengatasi masalah hama secara komprehensif di rumah Anda. Dengan demikian rumah Anda akan terbebas dari hama dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Sederhana

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Sederhana

Saluran air yang ada di rumah kita seringkali mampet, sehingga kita perlu tahu cara mengatasi saluran air mampet. Tentu terdapat beberapa faktor yang menyebabkan saluran air mampet. Bisa karena penumpukan kotoran atau kerusakan pada pipa. Untuk mampetnya saluran air karena kerusakan solusinya harus diperbaiki.

Sering kali saluran air mampet karena menumpuknya kotoran yang menutupi lubang atau pipa saluran air. Hal ini sungguh sangat mengganggu karena air tak bisa mengalir dan akan menggenang. Sedangkan untuk membersihkannya kadang kala tidak bisa menggunakan tangan.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Karena Penumpukan Kotoran

Jika mampetnya saluran karena kotoran yang menutupi jalan mengalirnya air, maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara mudah. Cara ini memakai bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumahmu. Sehingga kamu tak perlu bingung jika wastafel atau saluran pembuangan kamar mandimu mampet.

Garam dan Air Mendidih

Cara ini cukup sederhana dan mudah dipraktikkan. Cukup siapkan sekitar setengah gelas garam dapur untuk dituangkan ke dalam pipa atau saluran air yang mampet. Selanjutnya, rebus air kurang lebih dua liter hingga mendidih dan tuangkan sedikit demi sedikit pada pipa yang telah diberi garam. Ulangi langkah ini beberapa kali.

Garam dan Baking Soda

Garam bisa berfungsi untuk membantu menggugurkan lemak karena sifatnya yang abrasif. Sedangkan baking soda yang bersifat basa mudah bereaksi dengan zat asam di sekitarnya. Reaksi keduanya akan menghasilkan karbondioksida dan membantu mengangkat kotoran yang menempel.

Cara menggunakan garam dan baking soda juga sangat mudah. Cukup campurkan keduanya dengan perbandingan 1 banding 1. Selanjutnya tuangkan pada saluran air yang mampet. Diamkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air, bisa dengan air panas atau air dingin (bukan air es).

Sabun Cuci Piring dan Air Mendidih

Cara mengatasi saluran air mampet selanjutnya dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Sabun cuci piring mengandung beberapa zat kimia yang bisa mengangkat lemak dan minyak pada alat dapur. Langkahnya dengan menuangkan sabun cuci piring pada saluran yang mampet, diamkan beberapa saat, kemudian siram dengan air mendidih. Lakukan beberapa kali.

Cuka dan Baking Soda

Cuka memiliki kandungan asam, sedangkan baking soda memiliki kandungan garam karbonat (basa). Ketika keduanya bertemu dapat menghasilkan karbondioksida yang akan membantu melepaskan lemak atau kotoran yang menempel pada saluran air. Sehingga kotoran akan jatuh dan tidak menghalangi jalan keluarnya air.

Cara membersihkan saluran air dengan cuka dan baking soda yaitu dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan satu banding satu. Tuangkan campuran pada saluran air dan diamkan selama 5 menit, tunggu bereaksi. Untuk membantu menghilangkan kotoran bisa dibantu dengan menyikat sambil menyiramkan air panas.

Air Lemon

Ternyata air atau jus lemon yang segar untuk diminum, bisa dipakai untuk mengatasi saluran air yang mampet. Kandungan pada lemon mampu mengangkat lemak atau kotoran. Cara pengaplikasiannya bisa dengan tambahan baking soda atau cukup dengan air lemon saja tanpa campuran.

Jika ingin menggunakan air lemon saja, cukup tuangkan sekitar 250 ml air lemon sedikit demi sedikit pada saluran, biarkan sekitar 15 menit, dan siram menggunakan air. Kalau saluran masih mampet, ulangi beberapa kali. Jika menggunakan campuran baking soda, tuangkan air lemon baru taburkan baking soda, kemudian diamkan dan siram.

Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga cukup ampuh untuk mengatasi mampetnya saluran air. Cukup dengan menuangkan sekitar 250 ml pemutih ke saluran air, diamkan sekitar 10 menit, dan siram dengan air sedikit demi sedikit sampai kotoran yang menyumbat hilang.

Soda Api

Soda api bersifat korosif sehingga bisa diandalkan untuk mengangkat kotoran pada saluran air. Caranya dengan menuangkan soda api pada saluran air, lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit sampai kotoran yang menutup saluran hanyut semua.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan ketika saluran air di rumahmu mampet karena tertutup kotoran. Bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan dan biasa digunakan di rumah. Selamat mencoba cara mengatasi saluran air mampet dengan bahan-bahan di atas.

Tips Memilih Jasa Tukang Listrik yang Berkualitas

Tips Memilih Jasa Tukang Listrik yang Berkualitas

Bagi Anda yang baru mendirikan rumah atau bangunan, pasti membutuhkan jasa tukang listrik untuk memasang listrik di rumah Anda. Listrik memiliki banyak manfaat. Dan tidak dapat dielakkan lagi bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia saat ini.

Hampir segala aktivitas sehari-hari manusia memerlukan listrik. Mulai dari bekerja, memasak, melakukan hobi, berkomunikasi, berkendara dan aktivitas-aktivitas lainnya. Intinya dari bangun tidur sampai tidur lagi, manusia memerlukan listrik. Jadi setiap tempat atau bangunan pasti akan menyediakan listrik untuk digunakan.

Tips Memilih Jasa Tukang Listrik

Agar bisa menikmati listrik di rumah, sebelumnya Anda harus memasang sambungan listrik baru yang terhubung dengan PLN. Namun, mungkin Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Sehingga perlu jasa instalasi listrik. Supaya Anda tidak bingung memilih jasa tersebut, di sini akan dibahas tips-tipsnya.

Baca juga: Jasa Tukang Listrik Panggilan Denpasar, Bali

1. Ahli dan Berpengalaman

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan untuk memesan jasa, yaitu keahlian dan pengalaman yang dimiliki.  Telusuri rekam jejak penyedia jasa atau tukang yang akan Anda pesan. Berapa lama penyedia jasa telah beroperasi, latar belakang pendidikan atau pengalaman dari tukang listrik tersebut. Keahlian juga dapat dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi.

2. Profesional

Anda harus memastikan bahwa jasa instalasi listrik yang Anda pesan adalah profesional. Lihat bagaimana cara mereka bekerja dan tanggapan mereka terhadap konsumen. Bisa juga dari cara mereka melakukan manajemen waktu. Mereka yang profesional enggan mengulur-ulur waktu dan bekerja dengan cepat dan tepat.

3. Standar Keselamatan Tinggi

Standar keselamatan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia kerja. Terlebih pekerjaan yang bersangkutan dengan listrik sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Pastikan jasa yang akan Anda pesan selalu bekerja dengan menerapkan standar keselamatan kerja yang telah ditetapkan.

Menurut standar keselamatan kerja, setidaknya pekerja harus menggunakan pelindung berupa pakaian pengaman yang kuat, tidak mengandung logam, dan tahan dari gesekan. Selain itu, juga harus mengenakan helm, sepatu, dan sarung tangan khusus. Standar keselamatan kerja tidak hanya berguna bagi pekerjanya, tapi juga bagi orang di sekitarnya.

4. Harga

Harga juga menjadi pertimbangan dalam memilih jasa. Pastikan bahwa harga yang dipatok sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Tidak masalah jika Anda memilih penyedia jasa yang menetapkan harga tinggi, tapi pastikan bahwa Anda akan mendapat pelayanan yang sesuai. Biasanya harga berkaitan dengan profesionalitas.

5. Produk Berkualitas

Selain profesional dan keahlian yang dimiliki, jasa instalasi sebaiknya menggunakan produk-produk yang berkualitas atau berstandar. Produk-produk yang dimaksud seperti kabel, , sekring, saklar, dan alat-alat listrik lainnya. Pastikan produk tersebut bukan produk palsu atau tiruan. Produk harus original dan SNI. ini akan berpengaruh pada kinerja produk ke depannya.

6. Bertanya pada Konsumen Lain

Seperti halnya Anda membeli barang. Sebelum membeli pasti akan bertanya review produk kepada konsumen yang telah menggunakan atau membelinya. Begitu juga dengan jasa instalasi listrik. Anda bisa bertanya pada konsumen yang telah menggunakan jasa tersebut. Misalnya tetangga, saudara, atau orang-orang yang mungkin Anda jangkau.

Ketika bertanya pada konsumen lain, pastikan tak hanya kepada satu atau dua orang. Karena penilaian bisa bersifat subjektif. Sehingga Anda perlu bertanya kepada banyak orang yang kemungkinan mereka menggunakan jasa instalasi yang berbeda-beda. Dari situ Anda bisa memilah dan memilih yang paling recommended.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda pakai sebelum memesan jasa pasang listrik di rumah atau bangunan baru Anda. Mungkin Anda yang baru pindah di rumah baru dengan lingkungan baru akan kesulitan dalam  memilih jasa tukang listrik karena belum mengenal lingkungan tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan cara terakhir.

5 Cara Merawat Kolam Renang Agar Tetap Jernih dan Bersih

5 Cara Merawat Kolam Renang Agar Tetap Jernih dan Bersih

Memiliki kolam renang pribadi yang selalu bagus merupakan idaman, sehingga perlu diperhatikan tentang cara merawat kolam renang agar tetap jernih dan bersih. Tak hanya sebagai tambahan, kolam renang sudah dianggap sebagai properti wajib bagi rumah di zaman modern ini.

Kolam renang juga memiliki beberapa fungsi bagi sebuah rumah. Sesuai namanya, kolam renang memiliki fungsi utama sebagai sarana olah raga renang. Selain itu, kolam renang bisa menjadi objek estetis yang enak dipandang atau menyegarkan mata, terlebih jika rumah berada di tengah perkotaan yang ramai dan padat penduduk.

Cara Merawat Kolam Renang

Agar keindahan dan kebersihan kolam renang tetap terjaga, perlu dilakukan perawatan yang rutin. Pastinya kolam renang yang bersih dan jernih membuat pengguna atau pemiliknya akan nyaman ketika berenang di dalamnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara untuk merawat suatu kolam renang.

  1. Menguras Air Secara Berkala

Agar kebersihan air dalam kolam selalu terjaga, air harus diganti secara rutin. Pada kolam renang modern sudah terdapat sirkulasi air yang akan menyaring kotoran dan membuat air kembali bersih. Sistemnya cukup sederhana, mesin pompa akan menghisap air, kemudian menuju tangki penyaringan, dan dikembalikan lagi ke kolam.

Meski telah menggunakan sirkulasi, menguras kolam tetap perlu dilakukan agar bisa membersihkan dinding dan dasar kolam. Karena bisa saja terdapat kerak atau lumut yang membuat kolam jadi licin. Apalagi untuk kolam yang belum memiliki sirkulasi air, harus rutin dikuras minimal seminggu sekali.

  1. Membersihkan Sand Filter Air Secara Rutin

Sund filter ini terdapat pada kolam renang yang memiliki sirkulasi. Sebagai alat penyaring, sudah pasti pada bagian ini terkumpul kotoran dari air yang disaring setiap harinya. Sehingga tak hanya air kolam yang perlu dikuras, namun sand filter juga perlu dibersihkan minimal sebulan sekali.

  1. Menjaga Cl dan PH Air tetap Ideal

Cara merawat agar kolam renang bersih dan tidak berlumut yaitu dengan menjaga kestabilan kadar klorin dan pH. Kadar klorin yang dianjurkan untuk kolam renang yaitu 1 sampai 1,5 ppm. Sedangkan untuk kadar pH pada kolam renang antara 7,2 sampai 7,6 ppm.

Sebenarnya kadar pH cenderung stabil kecuali terdapat penambahan air dengan kadar pH yang rendah atau tinggi. Misalnya pada musim hujan, air hujan yang jatuh akan menambah volume air pada kolam renang. Selain mengubah pH air kolam, air hujan biasanya juga membuat keruh sehingga perlu untuk dikuras.

  1. Menanam Pohon di Sekitar Kolam

Adanya tanaman atau pepohonan di sekitar kolam renang memang membuatnya semakin estetis dan menyejukkan. Namun, ternyata ada fungsi lain dari pepohonan yang ditanam mengelilingi kolam renang. Yaitu untuk menghalangi banyaknya sinar matahari yang masuk kolam. Sebab dengan kadar sinar matahari yang tinggi dapat membantu pertumbuhan alga atau lumut.

  1. Menggunakan Chemical

Chemical atau bahan kimia bisa digunakan sebagai pembersih yang bisa mengangkat atau membersihkan kotoran. Beberapa chemical yang sering digunakan pada kolam renang untuk pembersih, diantaranya: Soda Ash, Chlorine, Copper Sulphate atau Trussi, Poly Aluminum Chloride (PAC), dan Hydrochloric Acid (HCL).

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kejernihan dan kebersihan kolam renang. Mungkin bagi Anda yang di rumah memiliki kolam renang pribadi bisa menerapkan cara merawat kolam renang di atas. Agar kolam renang Anda tetap jernih dan bersih, serta nyaman untuk digunakan.

Jasa Perawatan Kolam Renang Profesional di Bali

Eco Dwi menyediakan layanan perawatan kolam renang yang terbaik di Bali. Kami menjaga kolam renang anda tetap bersih dan jernih serta bebas dari kuman maupun kotoran. Dengan menggunakan peralatan bahan kimia standar internasional yang aman bagi kulit dan lingkungan. Kami memastikan kolam renang anda tetap bersih sehingga aman bagi keluarga. Hubungi kami untuk estimasi biaya!

Cara Membersihkan Sofa dari Bahan Kain dan Kulit Secara Praktis

Cara Membersihkan Sofa dari Bahan Kain dan Kulit Secara Praktis

Biasanya setiap rumah memiliki sofa termasuk rumah Anda, sehingga Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan sofa dengan benar. Namun, terkadang beberapa cara cenderung ribet dan membutuhkan waktu serta tenaga yang lebih. Untuk Anda yang sibuk dan jarang punya waktu luang, pasti mencari cara yang mudah dan praktis.

Sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa diterapkan untuk membersihkan sofa. Tergantung jenis sofa yang Anda miliki, bisa sofa kulit atau kain. Beda jenis tentu beda cara perawatan dan membersihkannya. Sehingga dalam artikel ini akan membahas cara membersihkan kedua jenis sofa tersebut.

Cara Membersihkan Sofa dari Bahan Kain

Sofa yang terbuat dari bahan kain kadang sulit dibersihkan, terlebih jika terkena tumpahan noda atau kotoran yang berbentuk cairan.

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner atau Penyedot Debu

Vacuum cleaner atau penyedot debu berguna untuk membersihkan permukaan sofa dari debu atau kotoran yang tidak berbentuk cair. Bisa untuk membersihkan bulu-bulu hewan peliharaan yang menempel di permukaan sofa. Tak hanya bagian atas (tempat duduk) sofa, vacuum cleaner juga bisa digunakan untuk menyedot debu di sela-sela atau lekukan sofa.

Pakai ujung sikat yang lembut guna mengisap debu atau kotoran pada permukaan sofa itu. Untuk bagian lekukan atau yang sulit dijangkau, gunakan pipa dengan ujung kecil. Perhatikan dan pastikan bahwa semua debu atau kotoran pada bagian permukaan sofa telah tersedot. Vacuum cleaner bisa digunakan pada sofa berbahan kain maupun kulit.

  1. Menggunakan Air Detergen

Setelah debu dan kotoran telah disedot oleh vacuum cleaner, untuk membersihkan noda yang menempel Anda mungkin memerlukan bahan pembersih berupa cairan.  Salah satu cairan pembersih yang bisa Anda gunakan yaitu air detergen. Tak perlu banyak-banyak, siapkan sedikit detergen dan campur dengan air hangat sudah menghasilkan banyak busa.

Air detergen yang sudah dibuat tadi, percikkan sedikit pada bagian sofa yang terkena noda. Diamkan beberapa menit sampai noda terangkat. Agar hasilnya lebih bersih, sedikit sikat bagian yang terkena noda tadi, kemudian usap dengan kain lembab sampai sisa noda dan air detergen hilang.

Ketika bagian yang terkena noda sudah benar-benar bersih, segera keringkan sofa agar tidak berjamur. Caranya bisa dengan setrika uap atau hair dryer karena ini berbahan kain, jangan gunakan setrika uap atau hair dryer untuk mengeringkan sofa berbahan kulit. Cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menyemprotkan alkohol.

  1. Menggunakan Tisu Basah

Kalau menggunakan air deterjen terlalu ribet dan khawatir kalau sofa akan berjamur. Maka menggunakan tisu basah adalah solusi selanjutnya untuk cara membersihkan sofa dari kulit. Selain lembut, tisu basah sudah lembab dan tak perlu menambah cairan lagi. Sehingga bisa langsung digunakan untuk menyeka permukaan sofa yang terkena noda.

  1. Menggunakan Pasta Pembersih

Cara berikutnya yaitu menggunakan pasta pembersih. Produk ini bisa Anda temukan di toko peralatan kebersihan atau supermarket. Untuk penggunaannya, semprotkan pasta pada bagian sofa yang terkena noda, diamkan beberapa saat sampai kira-kira noda terangkat, lalu seka dengan kain.

Cara Membersihkan Sofa dari Bahan Kulit

Sofa yang permukaan luarnya terbuat dari kulit cenderung lebih mudah perawatan dan pembersihannya. Sebab kulit tidak dapat menyerap cairan. Saat terkena tumpahan air tidak akan merembes ke dalam sofa. Namun kekurangannya, ketika musim hujan atau musim dingin kulit rawan menjamur. Berikut akan dibahas cara membersihkannya dari jamur atau kotoran.

Baca juga: Tips Merawat Produk Berbahan Kulit Asli

  1. Menggunakan Kain Lembab

Lembab di sini berarti mengandung air, bukan basah. Kain lembab digunakan untuk membersihkan noda atau debu yang menempel. Sambil mengelap, beri sedikit tekanan dan gesekan agar noda atau debu terangkat dari permukaan sofa. Setelah selesai diamkan dan biarkan sofa kering dengan sendirinya.

Untuk menghilangkan noda tumpahan pada sofa, jangan langsung menyekanya dengan kain. Tetapi dengan menepuk atau menutup cairan dengan kain. Biarkan cairan meresap dalam kain sehingga tidak melebar ke permukaan sofa sekitarnya. Menyeka justru akan memperlebar noda tumpahan.

  1. Menggunakan Campuran Air dan Cuka

Cuka memiliki kandungan klorin yang bisa mengangkat noda membandel dengan baik. Ketika kain lembab yang Anda gunakan tidak cukup membantu dalam menghilangkan noda di sofa, Anda bisa menambahkan campuran air dan cuka. Cukup semprotkan campuran tersebut pada bagian yang terkena noda, diamkan, kemudian tepuk dan seka menggunakan kain.

  1. Menggunakan Produk Pembersih Khusus Material Kulit

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kotoran atau noda pada sofa yang berbahan kulit yaitu dengan pembersih khusus material kulit. Tak hanya dapat membersihkan kotoran, pembersih khusus ini juga dapat merawat bahan dari kulit agar tidak mudah rusak atau terkelupas.

Demikian berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk merawat sofa di rumah Anda, baik itu yang berbahan kain maupun kulit. Dengan rajin merawat dan membersihkan sofa secara rutin dapat membuat sofa Anda awet dan tak mudah rusak. Semoga cara membersihkan sofa yang ditulis di atas bisa menambah pengetahuan Anda.

Jasa Cuci Sofa dan Karpet Profesional

Bagi anda yang tinggal di Bali, kami menawarkan jasa cuci sofa dan karpet dengan peralatan modern dan deterjen yang ramah lingkungan. Silakan hubungi kami untuk survey dan estimasi biaya!